Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Update Data Emis 2020 V 1.0 Update 18022020

Berdasarkan Surat Edaran Ditjen Pendis Kemenag Nomor B Cara UpDate Data Emis 2020 V 1.0 Update 18022020

Berdasarkan Surat Edaran Ditjen Pendis Kemenag Nomor B-356.1/DJ.I/Set.I/OT.01.3/02/2020 wacana Pemberitahuan Updating Data EMIS Madrasah Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Penyerapan data yang kurang maksimal alasannya yaitu pendataan,pemutahiran dilakukan dengan cara online atau dengan metode daring. Tentunya benyak hambatan yang terjadi terutama untuk daerah-daerah pedalaman yang masih sulit dari jangkauan internet. Berkaitan dengan hal tersebut ahirnya dirilislah sebuah aplikasi portable yang di sebut AFE (Aplikasi Feeder Emis). Aplikasi ini bersifat offline/luring dengan tujuan semoga pendataan atau pemutakhiran data sanggup merata.  Namun kurangnya sosialisasi dan pelatihan ternyata menyisakan permasalahan baru.  Jadi untuk temen – temen OPM jangan stress dulu, yang pentingkan hitungannya jelas, he..he..
Ok untuk temen-temen OPM yang blum melaksanakan UpDate Data Emis, Ayo kita update datanya dan yang masih bingung-bingung simak penjelasannya berikut ini :

AFE (aplikasi feeder emis) terbagi menjadi 2 yaitu :

  • AFE / Emis Online (AFE Monitoring)
  • AFE / Emis Offline (Portable) yang bersifat luring

AFE Offline ini lah yang wajib di miliki oleh setiap madrasah, yang dipakai untuk pengolahan atau pemutakhiran data madrasah dengan maksud untuk mengurangi kegagalan dalam pendataan.
Kita fahami dulu cara kerja dari kedua aplikasi tersebut, kita buat simple saja AFE online yaitu Server/Induk, sedangkan AFE offline yaitu client/anak cabang. Makara kesimpulannya AFE online yaitu tempat menampung data, sedangkan AFE offline yaitu alat (aplikasi) yang dipakai untuk mengolah dan mengirim data.  Jadi jikalau OPM ingin mengolah data pada AFE offline, langkah pertama yaitu sinkornisasi (mengirim/mengambil) dengan AFE online dan tentunya harus memakai koneksi internet. Setelah sinkronisasi gres data madrasah anda sanggup di olah di AFE offline. Sebagai catatan sinkronisasi pertama biasanya hanya data forum yang masuk kedalam AFE offline, selain itu perlu perlakuan dari OPM semoga data penerima didik, gtk  dll sanggup di olah di AFE offline. Makara sok tau nih….langsung saja bagaimana cara memakai AFE offline simak penjelasannya berikut ini :

Cara Update Data EMIS / AFE Offline 2020 :
  1. Download AFE offline di laman http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/feeder/AFE.rar atau comot aplikasinya AFE V.1.0 UPDATE 18022020
  2. Ekstrak hasil download pada satu folder, alasannya yaitu sehabis file emis exe dilajankan akan ada pelengkap file baru. Supaya tidak tercampur dengan data yang lain
  3. Setelah di ekstrak jalankan apilakasi emis exe tunggu hingga halaman terbuka
  4. Silahkan anda login, dengan mengisi user dan password lihat gambar dibawah ini
  5. Anda sukses melaksanakan login, klik ok
  6. Anda sudah berada di beranda
     perhatikan gambar, hanya terdapat identitas sekolah, siswa, gtk dan sarpras masih kosong. 
  7.  Pada tahap inilah kita membutuhkan koneksi internet, alasannya yaitu kita akan mengambil data dari server/emis online
  8. Setelah tersambung dengan koneksi internet, Klik data lampau
  9. Akan terlihat gambar menyerupai di bawah ini
  10. Silahkan anda Import data siswa, data gtk dan data sarpras dengan menekan tombol Exeute! Dan lihat hasilnya
  11. Klik tombol beranda
    data siswa, data gtk dan data sarpras sudah masuk di emis offline
  12. Pada aplikasi Feeder Madrasah atau Emis offline, urutan pendataan dimulai dari:
  • Manajemen data kelembagaan,
  • Manajemen data Siswa,
  • Manajemen data GTK (Guru dan Tendik),
  • Manajemen data Sarana dan Prasarana.
Matikan koneksi internet, silahkan temen-temen OPM untuk melaksanakan pemutakhiran/pendataan, lakukan pemutakhiran secara berurutan, isi atau edit data dengan benar dan ahiri dengan menekan tombol update.

Setelah melaksanakan pemutkhiran data dengan benar lakukan sinkronisasi, lakukan sinkronisasi secara bertahap, mulai dari kelembagaan, siswa, gtk dan sarpras dengan menekan tombol Execute!


Sampai disini dulu artikel Update Data Emis 2020, semoga bermanfaat dan akan lebih bermanfaat jikalau anda share. Buat temen-temen OPM, selamat bejibaku......

Untuk Vidionya silahkan pantengin UpDate Data Emis 2020 V 1.0 Update 18022020




Sumber https://sobang4.blogspot.com/